Jenis-jenis serealia dan manfaatnya

Apa itu serealia? 
Serealia dikenal juga sebagai sereal atau biji-bijian (bahasa Inggriscereal) adalah sekelompok tanaman yang ditanam untuk dipanen biji atau bulirnya sebagai sumber karbohidrat/pati.
https://id.wikipedia.org/wiki/Serealia

Apa saja jenis jenis dan manfaat Serealia?
1. Beras
Beras adalah bulir padi yang sudah dipisahkan dari sekam. Beras mengandung karbohidrat yang kaya akan zat gula atau glukosa. Rasa manis dari kandungan glukosa merupakan sumber energi yang bermanfaat bagi tubuh untuk melakukan berbagai aktifitas. 

Kandungan BerasBeras PutihBeras MerahKetan PutihKetan Hitam
Tenaga (kkal)354352361360
Karbohidrat (g)79,976,278,474,5
Tiamin (mg)0,250,340,280,24
Protein (g)7,87,37,48,0


2. Jagung
Jagung merupakan tanaman semusim (annual). 
Jenis JagungKalori (g)Protein (g)Karbohidrat (g)Serat (g)Ca (mg)Fe (mg)
Jagung Kuning Manis722,5415,631,82,00,34
Jagung Manis Putih762,6217,042,12,00,43

Jagung bermanfaat untuk menurunkan hipertensi,  mengontrol diabetes, mencegah penyakit jantung, dan memperbaiki pencernaan. Selain sebagai sayuran dan bahan pangan setengah jadi seperti tepun maizena, jagung pipil dan bihun, hampir seluruh bagian tanaman jagung dapat dimanfaatkan untuk berbagai macam keperluan antara lain untuk pakan ternak, pupuk hijau/kompos, kayu bakar, dan bahan kertas (pulp).

3. Gandum
Gandum adalah salah satu serealia dari famili Gramineae (Poaceae).
Gandum memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi diantaranya karbohidrat 60% - 80%, protein 6% - 17%, lemak 1.5% - 2.0%, mineral 1.5% - 2.0% dan sejumlah vitamin.
Manfaat gandum bagi kesehatan tubuh antara lain:
  • Mengonsumsi gandum akan membuat kenyang lebih lama. Ini karena serat larut yang ada di dalam gandum cenderung memperlambat pencernaan karbohidrat, sehingga mengurangi lonjakan kadar gula darah, yang pada akhirnya tak akan mendesak untuk selalu makan.
  • Mengonsumsi gandum secara teratur akan menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.
  • Mengonsumsi gandum baik untuk menurunkan berat badan.
  • Mengonsumsi gandum bisa bermanfaat untuk mencegah sembelit. Hal ini karena gandum merupakan sumber serat yang dibutuhkan tubuh.
  • Senyawa phytochemical pada gandum bisa mengurangi risiko seseorang terkena kanker.
  •     


4. Sorgum
Sorgum adalah tanaman serbaguna yang dapat digunakan sebagai sumber pangan, pakan ternak, dan bahan baku industri. Dari segi gizi, sorgum mengandung karbohidrat, protein, kalsium dan zat lain yang bermanfaat.
Sorgum bermanfaat mulai dari daun sampai akarnya antara lain sebagai berikut.
  • Daun sorgum menjadi sumber pakan ternak, tangkai daunnya bisa dijadikan kerajinan tangan dan sapu. Bunga sorgum juga bisa dimanfaatkan sebagai bunga kering untuk hiasan.
  • Batang sorgum adalah lumbung bioetanol dan bahan pembuat kertas. Batang yang masih muda bisa dibuat sirup, karena rasanya manis. Caranya, kupas kulit batang yang masih muda dan diambil bagian dalamnya.
  • Akar sorgum dapat digunakan sebagai jamu untuk memperlancar peredaran darah. Akar cukup diseduh, lalu airnya diminum.
  • Biji sorgum mengandung gizi tinggi, nilai protein, kalsium dan karbohidratnya lebih besar, dibandingkan beras dan jagung. Sorgum juga kaya serat dan mengandung gluten rendah. Biji sorgum dapat dibuat tepung sebagai bahan dasar pembuatan penganan. Bahkan setelah dikupas kulitnya, biji sorgum dapat langsung ditanak layaknya beras dan dikonsumsi.

sumber : http://www.mikirbae.com/2015/06/jenis-jenis-serealia-dan-manfaatnya.html

5. Oats atau Haver
Avena sativa L. atau banyak disebut Haver atau Oats ini adalah salah satu jenis tanaman serealia yang banyak ditemui di daerah sub-tropis dan sedang. Bulir yang dihasikan oleh ots ini banyak dimanfaatkan selain untuk makanan pokok juga sebagai pakan ternak terutama kuda.
6. Jewawut
Setaria italica atau dikenal dengan Jewawut adalah sejenis tanaman serealia yang pernah dijadikan makanan utama oleh masyarakat asia tenggara dan timur sebelum mengenal padi. Jewawut memiliki bulir yang kecil sekitar 3mm dan warnanya beragam ada hitam, ungu, jingga kecoklatan, sampai merah. Tinggi tanaman jewawut dapat mencapai 2 meter. Ada 2 varietas jewawut yaitu yang untuk di konsumsi manusia yaitu S.italica var.italica dan yang untuk pakan burung yaitu S.italica var. moharica.
7. Jali
Coix lacryma-jobi L. atau dikenal dengan Jali adalah tanaman serealia dari suku pocaseae yang hidup di daerah tropika dan berasal dari Asia Timur dan Malaya namun kini jali sudah menyebar keseluruh penjuru dunia. Terdapat 2 varietas yang sering ditanam oleh orang yaitu Coix lacryma-jobi var. lacryma-jobi memiliki cangkang (pseudokarpium) keras berwarna putih serta berbentuk oval sering dipakai sebagai manik-manik. Sedangkan Coix lacryma-jobi var. ma-yuen sering jadikan makanan dan juga menjadi bagian dari tradisi pengobatan Tiongkok.

8.. Kinoa
Chenopodium quinoa Willd atau Kinoa adalah jenis serealia semu yang sangat ideal untuk dijadikan sumber gizi karena tinggi akan karbohidrat dan protein. Kinoa menjadi makanan pokok bagi masyarakat Indian Pegunungan Andes, Amerika bagian Selatan.

9. Buckwheat
Buckwheat adalah tanaman serealia yang dapat diolah menjadi tepung, dengan nama wheat dibelakang bukanlah menjadikan buckwheat tanaam serealia yang seperti gandum karena nutrisi yang paling menonjol pada tanaman serealia jenis ini adalah proteinnya yang bisa mencapai 13%,karbohidrad 71% serta lemak 8% per 100g.selain itu terdapat vitamin b, zat besi, serta zinc.

10.Tef
Tef adalah tanaman serealia yang digunakan untuk sumber pangan dan pertanian. Tef menjadi makanan pokok di Ethiopia dan Eritrea karena mengandung kalsium dan protein.

11. Zizania
Wild rice atau Zizania atau juga dalam bahasa indonesia sering disebut padi liar adalah salah satu dari sekian banyak tanaman serealia yang menjadi makanan pokok di Amerika Utara dan China.
sumber : http://www.faunadanflora.com/macam-macam-tanaman-serealia-biji-bijian/


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jenis-jenis umbi-umbian dan manfaatnya

Kerajinan Bahan Lunak/ Lilin