Organ Pencernaan Tambahan



  • Organ pencernaan tambahan (aksesoris)
Organ pencernaan tambahan ini berfungsi untuk membantu saluran pencernaan dalam melakukan kerjanya. Gigi dan lidah terdapat dalam rongga mulut, kantung empeduserta kelenjar pencernaan akan dihubungkan kepada saluran pencernaan melalui sebuah saluran. Kelenjar pencernaan tambahan akan memproduksi sekret yang berkontribusi dalam pemecahan bahan makanan. Gigi, lidah, kantung empedu, beberapa kelenjar pencernaan seperti kelenjar ludahhati dan pankreas.


 Gigi 


Fungsi Gigi Untuk Pencernaan
Orang dewasa harus memiliki 32 gigi, empat di antaranya adalah gigi bungsu. Keempat gigi bungsu mungkin tidak berkembang sama sekali atau mungkin ditarik kapan saja karena kurangnya ruang atau alasan lain.
Gigi mungkin organ yang berfungsi untuk mengunyah (pengunyahan) dan mempunyai fungsi yang sangat penting dari proses pencernaan. Mengunyah makanan dengan baik memberikan sinyal untuk air liur membantu dalam memecah karbohidrat tertentu.
Bagian-bagian gigi yang terlihat disebut mahkota. Struktur lapisan luar mahkota gigi terdiri dari permukaan luar yang keras yang disebut enamel. Ini adalah zat yang paling keras dalam tubuh manusia.
Molar memiliki permukaan yang besar dengan lubang-lubang dan alur yang membuat mereka cocok untuk menggiling makanan antara geraham atas dan bawah. Ada dua gigi geraham di masing-masing empat lengkungan mulut. Geraham adalah gigi terakhir di mulut masing-masing bagian Sebenarnya ada tiga geraham di setiap sisi, "molar 3" menjadi gigi kebijaksanaan.
Gigi seri, atau gigi depan terdiri dari tepi tajam yang dibuat untuk memotong makanan. Ada enam atas dan enam gigi seri bawah. Di sudut setiap gigi depan adalah gigi taring. Gigi taring memiliki akar yang panjang dan dirancang untuk merobek makanan. Gigi insisivus memotong makanan dan mendorongnya ke gigi belakang (molar dan premolar) dengan bantuan lidah. Gigi belakang benar-benar membantu dalam mengunyah makanan dengan permukaan mereka.
Premolar lebih kecil dari geraham dan membantu proses mengunyah dengan menghancurkan makanan. Ada juga dua premolar di setiap kuadran dari mulut dan mereka terletak di antara geraham dan gigi seri.
Lidah
Lidah sebagian besar terdiri atas otot. Pada permukaan atas lidah banyak terdapat ribuan tonjolan kecil yang disebut dengan papilla, yang banyak terdapat rangkaian kompleks saraf yang membentuk alat indra pengecap dan peraba. Pada permukaan atas papilla terdapat selaput lendir. Lidah seseorang berbentuk bulat memanjang.

Dalam keadaan tertentu, lidah dapat dijulurkan memanjang. Lidah memiliki peranan seperti berikut.

Bagian lidah
1) Merasakan Makanan
Pada permukaan lidah terdapat papilla-papilla yang berfungsi untuk mengenali empat rasa dari suatu makanan dan setiap rasa memiliki daerah sendiri.

a) ujung lidah merasakan manis;
b) bagian pangkal belakang merasakan pahit;
c) bagian samping depan merasakan asin;
d) bagian samping belakang merasakan asam.

2) Membantu Mengunyah Makanan
Lidah seolah seperti pesilat yang mahir yang dapat membolak-balikkan makanan sehingga mudah dikunyah. Dengan lincah lidah dapat bergerak tanpa terjepit oleh gigi-gigi di dalam mulut. Gerakan lidah yang dapat membalik makanan ini bisa membantu melumatkan makanan. Lidah juga dapat menempatkan makanan pada gigi sehingga mudah dikunyah.

3) Membantu dalam Menelan Makanan
Jika kita cermati, gerakan lidah saat menelan, yaitu bagian depan lidah akan menekan langit-langit mulut dan diikuti bagian yang lebih belakang. Akibat gerakan lidah ini, maka akan dapat mendorong makanan terdorong ke dalam lambung. Lidah dapat mendorong makanan sehingga makanan akan terlempar ke dalam kerongkongan.

4) Membantu dalam Berbicara
Untuk membuktikan fungsi lidah ini, Anda dapat melakukan percobaan, yaitu mengucapkan kata-kata sambil menjulurkan lidah ke luar mulut sambil dijepit dengan jari tangan.Tekanan yang diberikan antara gigi dengan lidah dapat memperjelas suara yang dihasilkan.
Kantung Empedu
Kantung empedu atau kandung empedu (Bahasa Inggrisgallbladder) adalah organ berbentuk buah pir yang dapat menyimpan sekitar 50 ml empedu yang dibutuhkan tubuh untuk proses pencernaan. Pada manusia, panjang kantung empedu adalah sekitar 7-10 cm dan berwarna hijau gelap - bukan karena warna jaringannya, melainkan karena warna cairan empedu yang dikandungnya. Organ ini terhubungkan dengan hati dan usus dua belas jari melalui saluran empedu.



Digestive system diagram numbered.svg



sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_pencernaan
https://www.dokter.id/berita/fungsi-gigi-untuk-pencernaan
http://www.materisma.com/2014/01/penjelasan-sistem-pencernaan-manusia.html
https://id.wikipedia.org/wiki/Berkas:Illu_pancrease.jpg

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jenis-jenis umbi-umbian dan manfaatnya

Jenis-jenis serealia dan manfaatnya

Kerajinan Bahan Lunak/ Lilin