Kerajinan Bahan Lunak/ Gips

Kerajinan Gips
Gips adalah bahan mineral yang tidak larut dengan air dalam waktu yang cukup lama jika sudah menjadi padat. Kandungan gips terdiri atas jenis zat hidrat kalsium sulfat dan beberapa mineral (karbonat, borat, nitrat, dan sulfat) dan saat proses pengerasan ini kandungannya dapat terlepas sehingga akan terasa panas. Dalam proses pembuatannya, bahan-bahan tersebut harus dicairkan terlebih dahulu jika ingin bentuk. Proses pembuatannya juga dibantu dengan cetakan. Bahan utama pembuatan cetakan adalah silicone rubber, tetapi yang paling mudah dicari adalah plastisin atau tanah liat. ketika akan diproduksi dalam jumlah yang banyak, harus dibuat model terlebih dahulu.
Contoh: hiasan dinding, mainan, dan lain sebagainya.
Contoh kerajinan bahan lunak gypsum
Orang yang tertarik dengan wirausaha, bisa menjadikan gypsum sebagai usahanya. Hal ini karena gypsum memiliki beberapa kelebihan sebagai bahan usaha. Kelebihan-kelebihan tersebut antara lain sebagai berikut:




  1. Memiliki keuntungan yang tinggi
Setelah diolah, gypsum dapat dijual dengan harga terjangkau sehingga peminatnya banyak. Walaupun dijual dengan harga miring, penjual tidak akan mengalami kerugian karena harga gypsum sangat murah, yaitu sekitar Rp 3000,00 – Rp 5000,00 per kilogram. Bahan pelengkap lain yang digunakan juga tidak telalu mahal, seperti cat air.
  1. Bahan mudah didapat
Gypsum dapat kita jumpai di pasar-pasar. Cat dan air serta alat lainnya juga sangat mudah didapatkan.
  1. Proses pembuatan yang mudah dan tidak terlalu lama
Cara membuat kerajinan dari bahan lunak berupa gypsum sangat mudah dilakukan. Waktu yang dibutuhkan untuk membuatnyapun tidak terlalu lama.
                                Berikut ini cara membuat kerajinan dari gypsum:
1)      Siapkan alat dan bahan, antara lain: gypsum, air, cat, wadah, cetakan, kuas, gantungan (bila diinginkan), dan minyak.
2)      Oleskanminyak pada cetakan agar gypsum mudah dilepas.
3)      Campurkan gypsum debgan air dalam wadah. Pastikan gypsum dan air tercampur secara merata dan tidak terlalu kental.
4)      Tuangkan campuran gypsum dan airkedalam cetakan. Pastikan segera menuang, karena gypsum mudah mongering.
5)      Setelah cetaka terisi setengah, masukkan gantungan pada ujung cetakan. Kemudian, tuangkan campuran gypsum dan air lagi sampai penuh.
6)      Keringkan gypsum tersebut.
7)      Jika sudah keras ambil gypsum dari dalam cetakan. Mengambilnya hati-hati agar gypsum yang telah dicetak tidak rusak.
8)      Warnai gypsum dengan earna yang kalian suka.
9)      Keringkan sebentar dan jadilah kerajinan dari gypsum.



  1. Bentuk dan warna bervariasi
Karena menggunakan cetakan, maka bentuk kerajinan ini dapat disesuaikan dengan cetakan. Selain itu, kita memiliki banyak warna cat untuk menhiasnya. Bentuk dan warna yang beragam ini dapat menambah daya tarik pembeli.
  1. Saluran pengembangan kreativitas
Kita bebas memberi warna pada gypsum yang telah dicetak. Dengan demikian, warna yang kita berikan harus sekreatif mungkin agar menjadi lebih menarik.
Demikian beberapa keuntungan memilih kerajinan dari gypsum. Selamat mencoba dan tetap semangat mengembangkan kewirausahaan.

Terima kasih.









sumber :
http://pusatinformasi212.blogspot.co.id/2017/02/produk-kerajinan-dari-bahan-lunak-beserta-contoh.html
http://jasapengetikancibinong.blogspot.co.id/2015/08/produk-kerajinan-dari-bahan-lunak-dan.html
http://justebe.blogspot.co.id/2015/06/kerajinan-dari-gypsum.html#.WmFXKK6WaM8

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jenis-jenis umbi-umbian dan manfaatnya

Jenis-jenis serealia dan manfaatnya

Modifikasi batang pada tumbuhan